Strategi Pemasaran Di Bulan Ramadhan Yang Paling Mantab – Tidak terasa tahun 2021 ini, Ramadhan akan segera dijalani. Bulan ramadhan adalah bulan yang cukup meriah di Indonesia. Bagaimana tidak, di Indonesia banyak diselenggarakan event-event yang meriah seperti buka bersama, budaya membeli baju baru dan tentu saja budaya menyajikan makanan terbaik untuk keluarga tidak ketinggalan.
Hal ini tentunya membuat pelaku usaha di Indonesia juga semakin berkembang usahanya. Baik usaha kuliner, pakaian maupun yang lainya. Apakah kamu juga salah satu yang merasakan ini?
Berikut ini, WEB101 akan membahas strategi pemasaran di bulan ramadhan untuk meningkatkan penjualan agar lebih besar. Sebelum itu berikut adalah jenis-jenis bidang usaha online yang memiliki peluang berkembang di bulang ramadhan. Apa sajakah bidang-bidang ini? Yuk kita bahas bersama
Pakaian
Nah jenis usaha ini, tidak bisa dihindari dalam bulan Ramadhan, di Indonesia bahkan di negara lain memiliki budaya untuk membeli baju baru di bulan Ramadhan agar bisa dikenakan saat hari raya Idhul Fitri, sehingga ini membuat penguasa pakaian juga merasakan dampaknya. Bahkan iPrice melakukan survey yang melibatkan 1000 responden muslim mengenai produk yang banyak dibeli saat ramadhan adalah untuk fashion, hasil untuk survey ini adalah fashion memiliki hasil 63% untuk barang yang banyak dibeli di bulan ramadhan. Sedangkan di bawahnya adalah barang elektronik.
Sekarang ini, menjual baju dengan penghasilan yang maksimal bisa dilakukan walaupun tidak bisa offline. Pun sekarang customer banyak yang memilih menggunakan perbelanjaan online, karena dinilai lebih mudah dan cepat. Tidak perlu berjalan ke pusat perbelanjaan, tidak perlu mengeluarkan tenaga, belanja bisa dilakukan dari rumah dengan pembayaran yang juga bisa diselesaikan dengan sekali klik. Antusiasme customer untuk membeli baju ofline juga berkurang semenjak adanya virus Covid-19 sehingga perbelanjaan online lebih populer.
Hal ini tentunya membuka peluang pelaku usaha untuk meningkatkan usahanya agar semakin berkembang. Salah satunya menggunakan media perbelanjaan online seperti ecommerce, website maupun sosial media yang lainya. Ini adalah satu cara yang paling cepat untuk menjangkau customer lebih besar.
Kosmetik
Kosmetik masuk sebagai produk yang cukup banyak dicari di bulan Ramadhan, bagaimana tidak, saat di hari raya kita akan memberikan penampilan terbaik untuk menjamu tamu. Hasil dari survey iPrice tahun 2020 pembelian barang di bulan ramadhan untuk kosmetik memiliki jumlah 33%.
Kue Kering Dan Jajanan
Bidang selanjutnya yang bisa berkembang pesat di bulan ramadhan secara online adalah penjual kue kering dan jajanan. Di bulan ramadhan dan untuk hari raya semua orang akan berusaha menjamu tamu dengan menyajikan banyak jajanan, kue kering, minuman instan dan lain sebagainya.
Nah untuk pelaku usaha di bidang inipun biasanya juga akan merasakan peningkatan penjualan yang begitu besar, karena kue kering ini adalah makanan yang paling populer untuk menjamu tamu di Indonesia.
Baca Artikel “FOOD AND TRAVEL WEBSITE: Membuat Konten dengan Hobby!”
Pengusaha di bidang ini, bisa banget memanfaatkan teknologi online seperti sosial media, ecommerce, sampai website untuk memasarkan produknya. Apalagi kue kering memiliki ketahanan produk yang baik sehingga jika dijual secara online juga lebih aman, karena bisa bertahan untuk waktu pengiriman produk.
Parcel
Bidang usaha online yang akan berkembang di bulan Ramadhan adalah parcel, budaya kita masih sangat kental dengan silaturahmi dan memberikan oleh-oleh, namun karena adanya pandemi ini orang lebih memilih memberikan parcel dan berkomunikasi secara online untuk menjaga silaturahmi, sehingga jasa parcel online akan banyak dipilih.
Jasa parcel online ini cukup mudah dan simpel prosesnya, karena menjual parcel perpaket sehingga customer tinggal memilih dan melakukan pembayaran secara online saja. Cukup mudah dan cepat, bukan? Dari rumah sudah bisa mengirimkan bingkisan parcel untuk yang lainya.
Meningkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan?
Berikut adalah beberapa strategi pemasaran di bulan ramadhan yang bisa kamu coba untuk mengembangkan bisnis onlinemu agar lebih maksimal penjualanya.
Promo Ramadhan
Promo adalah satu hal yang banyak ditunggu oleh customer toko online. Membuat promo untuk meningkatkan penjualan adalah salah satu strategi jualan yang sudah banyak dilakukan pelaku usaha. Dengan memberikan promo, orang akan cenderung berbelanja dalam jumlah yang banyak di toko mu. Promo ramadhan bisa kamu berikan dengan melakukan diskon-diskon sehingga menarik customer atau memberikan bonus barang ketika customer berbelanja dengan harga yang ditentukan.
Promo ramadhan ini sudah banyak dilakukan baik secara ofline maupun online untuk menarik pengunjung. Dengan potongan harga maupun bonus, seseorang yang harus berpikir-pikir dalam membeli jadi memutuskan untuk membeli.
Berikan Gratis Ongkir
Gratis ongkir adalah salah satu hal yang menarik minat customer baik ketika ramadhan ataupun tidak. Memberikan gratis ongkir adalah salah satu faktor yang menentukan customer berbelanja sehingga pemberian gratis ongkir bisa memberikan dampak yang bagus untuk pelaku usaha. Penjualan jadi lebih meningkat dengan gratis ongkir ini.
Baca Artikel “ Kenapa Sih Design Website Sangat Penting Untuk Bisnis Online “
Produk Bundling
Taukah kamu salah satu teknik marketing yang cukup membuat customer adalah produk bundling. Pengemasan produk yang terdiri dari beberapa jenis dalam satu paket ini membuat customer merasa lebih hemat dan menarik. Apalagi jika kamu menggunakan bundling ini hanya di bulan ramadhan saja, pasti akan meningkatkan penjualan produk.
Paket bundling dinilai memberikan opsi yang hemat dan lengkap, pengemasan yang rapi juga membuat paket ini cocok diberikan sebagai hadiah untuk kolega maupun rekan dan keluarga. Memberikan parcel yang keren dan menarik untuk orang tersayang juga akan membuat dirimu merasa lebih baik, bukan?
Buat Edisi Ramadhan
Teknik marketing yang selanjutnya adalah buat usaha kamu dengan nuansa ramadhan baik itu kemasan, produk yang kamu keluarkan maupun pemberian ucapan khusus ramadhan untuk customer kamu. Hal ini akan menambah ketertarikan customer untuk membeli produkmu apalagi dengan layanan tambahan berupa note ucapan ramadhan untuk customer.
Ramadhan masih menjadi bulan yang sangat spesial untuk banyak orang, sehingga mengemas produk dengan nuansa ramadhan juga memberikan ketertarikan tersendiri untuk customer. Salah satu hal yang juga menambah nuansa ramadhan untuk customer adalah membuat iklan-iklan di sosial media dalam nuansa ramadhan. Sehingga hal ini akan menarik customer untuk lebih antusias berbelanja di toko onlinemu.
Jangan lupa juga perbarui penampilan website toko online untuk memberikan nuansa ramadhan untuk customer. Memperbarui design website secara berkala sangat dibutuhkan untuk memperbaiki kualitas penampilan website agar lebih fresh dan update sesuai dengan waktunya.
Gencarkan Periklanan
Periklanan adalah hal yang cukup penting, namun membuat iklan-iklan di bulan ramadhan membuat toko onlinemu semakin semarak, dengan terus mengupdate iklan edisi ramadhan akan membuat customer merasa toko online mu update. Apalagi dengan iklan promo-promo yang kamu berikan juga semakin banyak diketahui sehingga promosi bisa menyasar target yang tepat dan memiliki order yang meningkat. Gunakan media sesial untuk promosi lebih luas.
Bisnis memerlukan strategi penjualan untuk mendapatkan hasil jualan yang lebih maksimal. Termasuk di saat bulan ramadhan, ada beberapa strategi pemasaran di bulan ramadhan yang membantu kamu mendapatkan penghasilan optimal. Yuk atur ulang strategi! Memiliki website merupakan salah satu stategi yang tepat dimasa pandemi seperti ini klik Tutorial Order Website di Web 101 untuk mewujudkan website impianmu
0 Comments
Trackbacks/Pingbacks