Pelayanan Masyarakat Bisa Menggunakan Website Lho! – Apakah kamu pernah menggunakan layanan masyarakat secara online? Sekarang ini banyak bidang di kehidupan yang bergeser ke dunia digital.
Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, pergeseran ini tentunya bertujuan untuk memudahkan pelayanan dan akses untuk umum. Manusia menciptakan banyak teknologi untuk mendapatkan kemudahan, sehingga cara-cara yang sudah dianggap kuno dan tidak efektif harus diganti dengan cara yang lebih efisien dan mengikuti perkembangan. Termasuk dalam bidang pelayanan umum ini.
Di Indonesia sendiri, pelayanan umum berbasis digital yang bisa di akses online ini sudah mulai dilakukan walau sekarang masih beberapa layanan saja yang menggunakan cara ini.
Salah satu media yang digunakan untuk memberikan layanan online untuk umum adalah website. Pembuatan website untuk memberikan akses layanan kepada masyarakat adalah cara yang cukup efektif.
Salah satu pelayanan masyarakat online ini adalah dari Kantor Perpajakan dimana kamu bisa mengajukan NPWP secara online. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak jasa website yang mumpuni untuk membuat website layanan masyarakat. Kenapa sih sekarang kita harus bergeser ke dunia digital untuk pelayanan masyarakat? Berikut adalah 4 kelebihan menggunakan website untuk pelayanan masyarakat.
Website Untuk Layanan Online
Sebelum kita beranjak ke penggunaan website untuk layanan online, akan lebih baik jika mengerti apa itu layanan online. Layanan online adalah jenis pelayanan yang diberikan tanpa harus bertemu atau tatap muka dalam satu tempat. Layanan online ini memungkinkan seseorang untuk mengakses layanan jarak jauh atau diakses dari mana saja menggunakan satu perangkat yang terhubung jaringan internet. Di Indonesia layanan masyarakat online, banyak terapkan sejak pandemi Covid-19 merebak, sehingga agar tetap bisa memberikan layanan kepada masyarakat tanpa harus bertatap muka, layanan online digunakan.
Baca Artikel : 6 Inspirasi Website Bisnis Lokal Untuk Anda
Untuk itu pilih satu jasa website yang berkualitas dan terpercaya untuk membantu membangun website pelayanan umum dengan baik.
Penggunaan Website Untuk Layanan Masyarakat Online
Beberapa manfaat atau kelebihan yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan website untuk pelayanan online adalah
Mudah Akses Dimana Saja
Manfaat dari pelayanan masyarakat online ini adalah kemudahan akses untuk masyarakat dari mana saja. Jika sebelumnya kamu harus berangkat, mengantre dan menempuh perjalanan agar bisa di lokasi, sekarang dari rumah kamu bisa mendapatkan pelayanan secara online, tidak perlu menghabiskan waktu untuk persiapan, perjalanan maupun untuk mengantre. Adanya pelayanan website kamu bisa mengakses pelayanan dari mana saja dan kapan saja dan tentunya kualitas pelayanan tetap sama.
Untuk seseorang yang kesulitan meluangkan waktu untuk datang ke lokasi pelayanan, menggunakan layanan online ini akan sangat terbantu, karena bisa diakses dimana saja selama terhubung dengan internet. Misalnya di rumah, di kantor, di kampus atau ketika sedang berada di luar kota.
Menghemat Waktu
Untuk seseorang yang sedikit memiliki waktu luang, waktu adalah hal yang sangat berharga. Beberapa pelayanan offline menyita banyak waktu sehingga banyak yang harus mengkosongkan jadwal dan mengcancel pertemuan untuk bisa mendapatkan pelayanan ini. Adanya pelayanan online, banyak orang yang bisa menghemat waktunya karena tidak perlu mengeluarkan waktu lebih banyak untuk bertatap muka dan mengantre. Pelayanan online ini bisa diakses dengan cepat dan mudah sehingga urusan lekas selesai tanpa perlu membuang banyak waktu.
Untuk seseorang yang memiliki tempat tinggal yang jauh dengan lokasi pelayanan, akan sangat terbantu dengan pelayanan online karena mereka tidak perlu menempuh perjalanan jauh yang menghabiskan waktu untuk mendapatkan layanan tersebut.
Cepat dan Beres
Umumya pelayanan online akan langsung memberikan kamu satu perintah untuk diikuti sehingga kamu hanya tinggal mengikuti langkah-langkah dalam website untuk mendapatkan pelayanan. Jika sudah mengisi informasi dengan lengkap, data mu juga otomatis terinput dengan baik ke pusat pelayanan. Selanjutnya kamu juga akan mendapatkan notifikasi jika masih ada kelanjutan proses. Proses mudah dan pasti beres.
Bisa Menggunakan Berbagai Perangkat
Layanan online cukup fleksibel karena bisa menggunakan berbagai perangkat sehingga bisa menjangkau semua masyarakat. Seseorang yang ingin menggunakan pelayanan bisa menyesuaikan dengan perangkat yang mereka miliki. Tentunya hal ini akan memberi kememudahan.
Baca Artikel : Portofolio Website, Perlukah?
Akses Informasi Lebih Mudah
Website pelayanan online bisa menjadi sarana untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat umum, sehingga masyarakat bisa mengetahui informasi lengkap dan jelas tanpa harus datang ke lokasi pelayanan maupun sumber yang tidak terpercaya. Di beberapa daerah Akses akan informasi ini masih cukup sulit di dapatkan sehingga penggunaan website diharapan bisa membantu penyebaran informasi lebih mudah dan menjangkau semua lapisan masyarakat.
Media Komunikasi Dua Arah
Di beberapa daerah, akses untuk berkomuniikasi dengan pemberi layanan seperti pemerintahan masih cukup kurang. Hal ini bisa disebabkan kurangnya media untuk akses tersebut. Website pelayanan online adalah salah satu media resmi untuk masyarakat, dari sini masyarakat juga bisa memberikan saran, kritik dan aspirasi untuk kemajuan layanan. Juga untuk media untuk mengajukan pertanyaan.
Pelayanan masyarakat secara online memang sudah harus mulai digalakkan untuk mewujudkan pelayanan yang mudah, cepat dan efisien. Wujudkan pelayanan masyarakat berbasis digital menggunakan jasa website terbaik sehingga di dapatkan website yang berkualitas dan tentunya bisa membantu memberi pelayanan umum kepada masyarakat dengan baik. Salah satu jasa website murah yang bisa membantu kamu memberi pelayanan adalah WEB 101. Layananan website terpercaya dan berkualitas.
0 Comments