Mengetahui Kepuasan Konsumen di Website Toko Online

Friday, 21 January 2022

Mengetahui Kepuasan Konsumen di Website Toko Online – Kepuasan konsumen adalah salah satu indikator yang perlu diperhatikan ketika kita melakukan penjualan online. Baik itu melalui aplikasi tertentu atau website toko online miliki sendiri. Kepuasan konsumen memberikan pengaruh yang cukup besar untuk keberhasilan penjualan online, sebab jika konsumen puas pastinya ingin melakukan repeat order dan bisa jadi langganan untuk membeli sesuatu.

Namun jika di penjualan ofline, kepuasan didasarkan dengan pelayanan langsung, maka penjualan online ini, ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk membentuk kepuasan konsumen tersebut.

Nah mengetahui hal ini sangat penting untuk pelaku usaha online, agar bisa memberikan layanan yang baik kepada konsumen dan tentu saja konsumen juga merasa puas dengan service yang diberikan.

Kriteria Kepuasan Konsumen Di Penjualan Toko Online

Ada beberapa kriteria yang digunakan untuk menilai tingkat kepuasan pelanggan. Beberapa hal yang memengaruhi tingkat kepuasan konsumen adalah

1. Pelayanan yang Diberikan

Walaupun penjualan online dilakukan tanpa bertatap muka namun konsumen tentu saja akan menilai pelayanan yang toko Anda berikan. Tentu saja pelayanan berbeda dengan jenis pelayanan ofline yang harus sopan dan senyum. Namun di toko online ini pelayanan lebih kepada kecepatan respon dari pemilik toko atau juga kemudahan website toko online yang digunakan atau juga dari waktu pemrosesan pembelian produk.

Ramah dan sopan juga diperlukan ketika melakukan interaksi langsung dengan konsumen via chat maupun media percakapan lainya.

Dua hal yang menjadi alasan konsumen bertahan adalah dari sisi pelayanan dan kualitas produk yang dihasilkan. Pun pelanggan umumnya akan lebih memilih berlangganan di tempat dengan layanan terbaik, walau memiliki beberapa kesalahan.

Jadi salah satu cara untuk menjaga loyalitas pelanggan adalah menjaga layanan yang diberikan.

2. Kualitas Produk yang Diberikan

Selanjutnya yang membuat konsumen puas dengan layanan yang Anda berikan adalah dari sisi kualitas produk. Dengan memberikan kualitas produk yang baik, pelanggan akan merasa puas dengan barang yang mereka beli. Atau juga merasa tidak rugi dengan kualitas yang didapatkan.

Namun untuk masalah kualitas produk ini memang ada hubungannya dengan harga produk yang dijual. Anda bisa melakukan riset untuk menjual harga yang pas namun juga memiliki kualitas barang yang sesuai.

Pun jika harganya tinggi namun kualitasnya terbaik, tentu saja pelanggan akan merasa seimbang dengan harga yang diberikan. Namun jika harga dan kualitas produk tidak sesuai inilah yang akan membuat konsumen melarikan diri dari dagangan online Anda.

Kualitas produk tidak hanya dinilai dari produk utamanya saja, namun juga bisa dinilai dari kemasan dan juga packing yang diberikan. Produk yang dibungkus dengan baik dan dikemas dengan aman akan memberikan kesan yang baik untuk pelanggan.

3. Harga Produk

Harga produk juga memberikan pengaruh kepuasan pelanggan. Seperti yang sudah di kaitkan di poin b, bahwa kualitas produk akan memengaruhi harga produknya. Mayoritas pelanggan menentukan pembelian dari harga yang diberikan.

Dari hal ini, tentu saja sebuah perusahaan tidak bisa sembarangan dalam menentukan harga produknya. Perlu untuk melakukan riset dan menentukan target market yang sesuai sehingga tidak ada salah dengan pemberian harga produk.

Nah jadi kaitannya kualitas produk dengan harga produk memang perlu dicari garis tengahnya sehingga bisa menguntungkan untuk konsumen dan juga Anda penjual.

4. Media Penjualan yang Digunakan

Jika pelanggan berbelanja menggunakan marketplace seperti Shopee atau Tokopedia, maka urusan kenyamanan pastinya ditumpukan kepada marketplace tersbut.

Namun bagaimana jika Anda membangun toko online dengan website Anda sendiri? bagaimana untuk menjamin keamanan yang diberikan?

Nah jika menggunakan website toko online sendiri, Anda memang perlu merancang design sehingga konsumen bisa dengan mudah melakukan transaksi pembelian dengan nyaman. Hal ini bisa dikomunikasikan dengan jasa pembuatan website yang Anda gunakan.

Baca Artikel Jasa Website Murah Tahun 2022

Untuk website sendiri, kemudahan pengoperasian dan navigasi memang cukup memengaruhi customer experience pelanggan. Dimana ini adalah kesan atau penilaian yang dirasakan konsumen ketika berbelanja di toko online Anda. Semakin puas pelanggan berbelanja di website toko online Anda maka akan semakin tinggi nilai customer experience yang didapatkan.

Namun untuk mendapatkan customer experience yang pas di website memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa diantaranya adalah

  1. Kecepatan loading website
  2. Mobile responsif website
  3. Design halaman yang user friendly
  4. Memuat fitur yang dibutuhkan

Jadi memang untuk membangun website toko online sendiri ada hal yang harus diperhatikan terutama untuk membangun kenyamanan pengunjung website. untuk urusan design dan pengaturan memang Anda perlu menggunakan jasa design website atau jasa pembuatan website sehingga hasilnya lebih maksimal.

Semakin tinggi dan puas customer berbelanja di website online Anda, maka juga akan meningkatkan peluang keberhasilan website toko online yang Anda miliki.

5. Metode Pembayaran

Selain harga, metode pembayaran juga sangat memengaruhi kepuasan dan juga menjadi pertimbangan seseorang melakukan pembelian di website toko online.

Tentunya dengan sekarang ini metode pembayaran yang mudah, juga membuat banyak orang mengharapkan proses pembayaran yang simpel dan bisa dijangkau.

Nah untuk itulah website memerlukan metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi konsumen. Misalnya dengan menyiapkan metode pembayaran virtual account, pembayaran melalui e-wallet dan lain sebagainya.

Semakin mudah konsumen melakukan pembayaran maka akan semakin besar pula peluang konsumen tersebut melakukan pembayaran. Jadi pastikan Anda memiliki metode pembayaran yang lengkap untuk konsumen ya!

Baca Artikel Tentang Pentingnya Memiliki Sebuah Bisnis dengan Website

Ada banyak hal yang memengaruhi kepuasan pelanggan ketika melakukan pembelian online. Hal ini dipengaruhi oleh urusan kualitas produk sampai dengan kemudahan pembayaran.

Kesimpulan

Menjaga kepuasan pelanggan perlu dilakukan untuk mendapatkan peluang keberhasilan penjualan yang lebih tinggi. Ketika pelanggan puas maka ia akan melakukan repeat order atau bahkan juga melakukan promosi kepada calon pelanggan yang lainya.

Untuk menjaga loyalitas pelanggan inilah yang membuat pelaku usaha perlu mengusahakan kepuasan konsumen.

Nah ingin memiliki website toko online terbaik untuk bisnis Anda? dengan design terbaik dan tentunya harga yang terjangkau. Bisa menggunakan jasa pembuatan website Web101. Buat website lebih mudah dan cepat harga mulai dari 300ribuan.

Jasa website profesional Web101 untuk bantu Anda mengembangkan website toko online idaman!

bikin wesbite murah

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jasa website murah

Portofolio Terbaru

Pin It on Pinterest

Share This
bikin wesbite murah