Cara Beriklan Menggunakan Google Ads – Membuat website untuk bisnis masih kurang maksimal jika tanpa di bantu dengan penambahan pengiklanan berbayar dan media sharing.
Ada banyak jasa iklan premium berbayar yang bisa digunakan untuk mendukung kunjungan website, salah satunya adalah menggunakan iklan di google ads. Biasanya layanan jika menggunakan layanan website murah, mereka hanya mengurus jasa websitenya saja, bukan periklananya.
Google ads ini merupakan salah satu periklanan berbayar yang banyak digunakan, selain karena efektifitasnya untuk bisnis juga lebih maksimal untuk website. Seperti apa sih google ads dan bagaimana cara beriklan menggunakan google ads? Mari kita bahas bersama.
Cara Beriklan Menggunakan Google Ads
Langsung saja kita masuk pada cara beriklan menggunakan google ads. Simak dengan baik informasi berikut ini.
1. Login Google Ads
Silahkan untuk buka halaman google ads dan langsung masuk di tombol sign in.
2. Mulai Buat Iklan
Begitu masuk di halaman google ads, langsung klik kampanye >> buat kampanye.
3. Pilih Tujuan Buat kampanye
Segera pilih tujuan kampanye yang akan Anda gunakan di google ads. Ada banyak pilihan pengiklanan mulai dari penjualan sampai dengan promosi toko lokal.
4. Pilih Jenis Kampanye
Ada banyak pilihan jenis kampanye yang bisa digunakan. mulai dari penelusuran sampai dengan kampanye lokal. Kami memilih kampanye penelusuran yang menggunakan dasar penggunaan keyword di mesin pencarinya.
Klik tombol Lanjutkan, untuk langkah berikutnya
5. Pengaturan Lanjut
Centang pada Kunjungi Situs, dan masukkan nama domain website Anda. Lalu pada nama kampanye isikan nama kampanye Anda.
klik tombol Lanjutkan.
6. Pengaturan Anggaran
Isikan dana untuk melakukan periklanan. Untuk yang masih awam dengan google ads maka nilai anggaran bisa menggunakan angka kecil terlebih dahulu.
7. Pengaturan Bidding Iklan
Disini Anda perlu mengatur biaya bidding iklan, dimana Anda bisa mengatur batas bid biaya per klik.
Klik Tombol Berikutnya.
8. Pengaturan Jaringan Iklan
Unchecklist pada jaringan penelusuran dan jaringan display agar iklan tidak muncul pada penelusuran terkait yang tidak berhubungan.
9. Pilih Lokasi iklan
Pilih lokasi iklan berdasarkan target yang ingin Anda capai. Disini kami menggunakan beberapa contoh lokasi berikut.
- Pilih Semua, Jika produk Anda ingin Anda iklankan di seluruh negara dan wilayah
- Pilih Indonesia Jika Produk yang Anda iklankan hanya di negara indonesia
- pilihlah Masukan Lokasi Lain Jika produk Anda akan diiklankan di beberapa daerah atau negara yang spesifik,
Pilih lokasi yang benar-benar tepat karena lokasi akan sangat berpengaruh terhadap hasil iklan Anda.
Untuk bahasa, sesuaikan saja dengan tujuan iklan Anda. Anda bisa memilih Bahasa inggris, Indonesia dan Bahasa lainya.
10. Pemilihan Segmen Audience
Spesifikasikan audience iklan Anda berdasarkan beberapa hal, diantaranya adalah beradasarkan jenis barang, kota, umur, merk dan lainya. Pastinya pilih yang sesuai dan tepat dengan segmen iklan Anda.
11. Pengaturan Waktu Iklan
Di proses ini waktunya untuk mengatur tanggal mulai dan tanggal berakhir iklan. Tentukan waktu iklan yang diinginkan.
Lanjut dengan klik tombol berikutnya.
12. Masukkan Keyword yang Di Butuhkan
Masukkan kata kunci atau keyword yang sudah Anda riset sebelumnya yang berkaitan dengan produk Anda.
Anda juga bisa menggunakan pencocokan kata kunci.
13. Masukan Konten Iklan
Iklan yang bagus bisa dibuat berdasarkan konten iklan yang digunakan. Buat konten iklan untuk menambah nilai dari iklan Anda.
jika sudah selesai dengan konten, maka selanjutnya klik tombol selesai.
lanjut dengan klik tombol berikutnya.
14. Masukkan Sitelink
Buat ekstensi sitelink dengan minimal pembuatan 2 sitelink.
Jika sudah mengisi sitelink,klik tombol simpan.
Tambahkan nomor telepon pada ekstensi panggilan.
jika ada peringatan kesalahan atau notifikasi peringatan seperti ini maka klik tombol perbaiki dan lakukan pengecekan.
Selanjutnya iklan akan tampil beberapa waktu yang akan datang. Akan muncul notifikasi kemunculan iklan.
Waktu tunggu iklan ini minimal beberapa jam sampai dengan hitungan hari. Setelah iklan bisa dipublikasikan Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa iklan sudah ter-up.
Baca Artikel Tentang : Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Planner
Kesimpulan
Itulah cara beriklan menggunakan google ads untuk website Anda. Google ads sangat membantu website perusahaan, website umkm, website toko online untuk lebih mendapatkan sorotan daripada tidak beriklan. Sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak jangkauan untuk bisnis.
Nah jika ingin membuat website terbaik dengan harga terjangkau, juga bisa menggunakan jasa pembuatan website dari Web101. Dengan harga yang terjangkau, mulai dari 350ribuan sudah dapat website professional.
0 Comments