Tombol CTA yang Memengaruhi Keberhasilan Iklan Bisnis Anda – Ketika sedang menggunakan jasa periklanan online, pastinya kita membutuhkan tombol CTA yang kita gunakan untuk mengarahkan calon konsumen ke halaman yang kita inginkan. Tombol CTA adalah salah satu hal yang ikut memberi kesuksesan periklanan online kita.
Tanpa tombol CTA akan sulit untuk didatangi pengunjung dan mendapatkan feed back darinya. Nah pertanyaanya adalah sudahkah Anda menggunakan CTA untuk menarik calon pembeli untuk masuk ke halaman yang kamu mau?
Atau kamu hanya meninggalkan konten iklan tanpa ada CTA nya?
Jika belum maka mari kita membahas informasi mengenai tombol CTA bersama dan silahkan praktik membuat tombol CTA ini untuk periklanan online kamu.
Tombol CTA
Jika masih bingung dengan tombol CTA maka cara memahami tombol CTA dengan mudah adalah dengan melihat contoh ini.
“Order Sekarang”
Adalah salah satu contoh tombol CTA yang mengarahkan pengunjung untuk melakukan order layanan dan masuk ke dalam halaman pendaftaran layanan.
Dengan begitu pengunjung website bisa melalukan pendaftaran dan pemilik layanan bisa menarik seseorang untuk melakukan pendaftaran.
CTA atau call to action adalah tombol yang berfungsi untuk mengarahkan seseorang untuk bergerak atau melakukan sesuatu seperti yang kamu inginkan.
Di atas adalah contoh tombol CTA dari produk Indonesia, Tolak Angin dari Sido Muncul dimana ia memberikan keterangan tentang produk tersebut dan mengarahkan pengunjung untuk melakukan pembelian produk dengan tombol CTA “Beli”. Untuk kemudian tombol di atas akan langsung terarahkan ke informasi lengkap tentang produk dan transaksi pembeliannya. Hal seperti ini juga digunakan untuk banyak website toko online.
Nah itulah tombol CTA untuk website atau periklanan online. Dimana kehadiranya sangat penting untuk membawa konsumen melakukan hal yang kamu inginkan sehingga tujuan tercapai.
Baca Artikel : 5+ Fakta Tentang Website untuk Pengembangan Tampilan
Jenis Tombol CTA
Penggunaan tombol CTA ada beberapa jenis, hal ini disesuaikan dengan kegunaan dan tujuannya. Beberapa tombol CTA ini adalah
1. CTA untuk Menarik Pembaca
CTA untuk menarik pembaca adalah satu hal yang banyak digunakan untuk pengunjung blog atau website. Tombol ini untuk menarik seseorang agar tertarik membaca atau penasaran dengan konten yang kamu tuliskan, misalnya seperti contoh di atas.
“pelajari lebih lanjut”
“baca selengkapnya”
“read more”
“selengkapnya”
Itulah tombol CTA yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca. Kamu bisa menerapkan hal ini untuk digunakan di blog website atau lainya.
2. CTA Produk
Website layanan ataupun website jual beli, dalam keterangan produknya pasti memberikan tombol CTA yang mengarahkan pengunjung untuk melakukan order produk/layanan.
CTA ini untuk mengarahkan pengunjung yang ingin order agar mengklik tombol tersebut, sehingga akan dibawa ke halaman yang lebih lanjut. CTA untuk model seperti ini adalah
“order paket”
“pilih paket”
“daftar paket”
“mau paket ini”
Dsb
Dengan tombol CTA seperti di halaman website jasa website Web101 yang jelas seperti ini maka akan memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi jika menginginkannya.
3. Tombol Share Sosial Media
Tombol share sosial media juga menjadi satu tombol CTA yang penting untuk website agar pengunjung bisa membagikan konten yang kamu buat di website ke sosial media yang mereka miliki.
Tombol ini perlu dimiliki di blog maupun di halaman yang perlu dibagikan. Tombol share ini bisa membantu website kamu mendapatkan banyak kunjungan lho.
4. CTA Penawaran
Jika kamu membuat iklan online, jangan lupa juga untuk menyertakan juga tombol CTA di badan iklannya. Hal ini berguna untuk seseorang yang ingin melakukan order atau tertarim dengan penawaran kamu, maka tahu kemana arahnya.
Misalnya iklan dari salah satu layanan ojek online di atas, menyertakan tombol CTA untuk seseorang yang ingin menggunakan layanannya.
5. CTA Ads
Pernahkah kamu melihat iklan di facebook atau di Twitter dan media sosial lainya? Pastinya iklan ini memberikan tombol CTA yang digunakan untuk mengarahkan pengguna agar melakukan Tindakan seperti yang ia inginkan.
Misalnya iklan google seperti di atas, maka mereka menyertakan tombol CTA daftar layanan untuk mengarahkan pembaca agar melakukan pendaftaran.
Nah itulah beberapa jenis tombol CTA yang digunakan untuk mengajak pengunjung/pembaca melakukan sesuatu Tindakan seperti yang kita inginkan.
Untuk kamu yang menggunakan media online, pastinya perlu melengkapi layanan dengan tombol CTA agar menarik pembaca dan juga mengarahkan calon konsumen ke halaman yang kamu inginkan.
Bagaimana Membuat Tombol CTA Yang Menarik?
Untuk membuat tombol CTA, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sehingga tombol CTA ini bisa efektif dan berhasil membawa banyak calon konsumen untuk bisnis kamu.
1. Awali dengan Ajakan
Hal ini sebenarnya untuk memainkan psikologis seseorang. Misalnya dengan “Hidup Bahagia dan aman di masa depan dengan asuransi” untuk kemudian di lengkapi dengan tombol CTA
“Daftar Sekarang”.
Atau
“Diskon 50% untuk pembelian di toko pilihan” dengan dilengkapi dengan tombol CTA “cek promo”
Dan lain sebagainya.
2. Deskripsikan Produk/Layanan Anda
Buat deskripsi produk/lananan Anda agar pembaca tahu tentang kelebihan dan kegunaan layanan kamu. Daripada tidak ada deskripsi ini, tentunya kalimat deskripsi akan memberikan manfaat yang positif untuk CTA.
Baca : 4 Kesalahan Desain Website yang Sering Dilakukan
3. Buat CTA yang Simpel
Untuk tombol CTA ini memang perlu hanya beberapa kata saja. Tidak perlu berpanjang lebar. Singkat namun jelas untuk tombolnya. Pembaca pun mudah untuk memahami dan juga singkat pas dengan tombolnya.
Itulah beberapa tips membuat tombol CTA untuk berbagai keperluan marketing online. Baik di website, di media periklanan online dan lainya. Dengan tombol CTA kamu bisa dengan mudah mendapatkan calon pengunjung juga memudahkan pengguna jika ingin order layanan tersebut.
Kesimpulan
Tombol CTA adalah tombol yang digunakan untuk mengarahkan pembaca agar masuk di halaman yang kita tujukan. Tombol CTA ini membantu pembaca melakukan Tindakan yang kita inginkan, seperti melakukan pembelian dan juga Tindakan yang lainya.
Nah itulah informasi mengenai tombol CTA dan bagaimana pentingnya untuk periklanan online kita. Sekian ulasan tentang tombol CTA ini, nantikan konten yang menarik dari Web101 untuk Anda!
Jika ingin melakukan pemesanan website, juga bisa banget cek di jasa pembuatan website Web101. Menerima banyak pembuatan website mulai dari toko online sampai dengan website bisnis lainya. Mulai dari 350ribuan sudah dapat layanan website terbaik dan profesional.
0 Comments